Motivator Indonesia - Mr. Stefanus Tj
 
                                    

Authorized Partner and Certified Trainer of TDW

Everyday Powerful mind with Stefanus TJ

1. ENJOY :

Banyak orang melakukan suatu hal atau suatu pekerjaan dengan tidak enjoy, mungkin termasuk anda, jika anda melakukan suatu hal atau pekerjaan dengan tidak enjoy maka akan terkesan atau kesannya terpaksa, tidak ada orang sukses melakukan sesuatu dengan terpaksa, so enjoy what you do.


2. Do what yo love and Love what you do:

Jika anda melakukan sesuatu maka berarti paling tidak anda menyukai, mencintai atau have a passion of that, suatu saat jika mendapatkan halangan atau kesulitan jangan berhenti karena anda harus Love what you do, jadi jangan hanya do what you love tetapi love what you do


3. Kapan kesuksesan itu datang?:

Kesempatan datang jika kesempatan bertemu dengan persiapan, coba anda ingat-ingat beberapa tahun yang lalu atau beberapa bulan yang lalu, adakah kesempatan yang datang pada anda dan anda tidak siap, dan jika kesempatan itu datang lagi sudah siapkah anda?


4. How to succes without afraid to failed:

Banyak dari kita ingin mencapai kesuksesan, melakukan sesuatu tetapi takut untuk failed, takut untuk gagal, tidak ada orang sukses didunia ini yang tidak pernah mengalami failed, saya ingat waktu saya kecil , maybe 5-6 th saya belajar naik sepeda, jatuh-bagun, jatuh-bangun-jatuh-bangun lagi, kenapa waktu saya jatuh saya langsung bangun kembali? Karena saya punya keyakinan, saya yakin saya bisa naik sepeda, begitu juga anda mungkin yang sekarang ini sedang menghadapi masalah di pekerjaan, di kantor bahkan di rumah, ayo bangkit, bangun lagi dan jangan lagi takut karena failed is path of success.


5. Stay away from negative people

Anda harus menjauh dari orang orang yang berfikiran negative dan orang-orang yang berpendapat negative di sekitar anda ibaratnya anda habis mandi wangi, bersih tetapi anda berada atau berdiri di dekat tempat sampah dalam waktu yang lama, cepat atau lambat anda akan berbau seperti sampah , jadi stay away dari sampah dan dari orang-orang yang negative.


6. Berapa selayaknya anda membayar seorang pegawai atau employee:

Jawabannya singkat if you pay with peanut you get monkey, jadi anda bisa jabarkan sendiri kata-kata tadi.


7. Apa sebenarnya peanut dan monkey?

Teman saya telfon dan bilang bahwa dia sudah membayar employeenya lebih, melebihi standard, tetapi mengapa dia tetap mendapatkan monkey, saya menjawab jika anda membayar dengan kacang maka anda akan dapat monyet, jika anda membayar lebih banyak kacang anda akan tetap mendapat monyet, manusia butuh tidak hanya kacang, manusia butuh penghargaan, pengakuan baik dari teman sejawat atau dari atasan jadi jika anda ingin mendapat manusia maka anda jangan hanya membayar dengan kacang.


8. Kapan saat yg tepat untuk menjalankan ide anda?

Jawabannya right now, sekarang juga, dengan menerapkan sekarang anda akan bisa segera trial and error dan melakukan evaluasi tentang apa kekurangannya. Anda tidak mungkin menunggu semuanya jadi sempurna baru anda terapkan, karena keadaan tidak mungkin sempurna, jadi segera lakukan ide anda sekarang juga.


9. Ketika satu pintu tertupup , maka pintu lain akan terbuka:

When one door closed, another door will open, tetapi kebanyakan dari kita tidak menyadari jika ada pintu lain yang terbuka, kita tetap didepan pintu yang tertutup dengan berharap dia akan terbuka kembali, padahal jika kita mau melihat ke sekeliling mungkin ada pintu lain terbuka yang tidak jauh dari situ.


10. Kompetisi abad 21:

Kompetisi abad 21 tidak seperti kompetisi 10 atau 15 tahun yang lalu dimana sibesar lawan sikecil, sibesar akan melibas sikecil, di abad 21 ini persaingan lebih ke arah sicepat dan silambat, si cepat akan meninggalkan silambat , jadi siapkah anda menghadapi abad 21?


11. Synergy:The Clever Fox


12. Jangan pernah takut berbuat kesalahan:

Albert einstein pernah bilang jika kita melakukan kesalahan maka kita belajar satu hal baru, semakin sering kita salah , semakin banyak kita belajar hal baru, yang bisa dipakai sebagai bahan evaluasi dan review agar kita jangan mengulangi kesalahan yang sama dikemudian hari.


13. Apakah anda memiliki goals atau cita-cita yang jelas dalam hidup anda?

Setiap orang harus memiliki goals yang jelas dalam hidup , pernahkah anda menuliskan goals dan cita-cita anda saya punya tips tulislah goals anda pada sebuah kertas kecil dantaruh didompet sehingga jika anda membuka dompet anda bisa melihatnya, atau pada secarik kertas dan letakkan di pintu kamar anda, sehingga jika anda keluar kamar and bisa melihat goals anda tersebut. 50% dari goals yang sering dilihat akan tercapai pada tahun pertama sisanya pada tahun berikutnya.


14. Beda antara manajer dan leader:

Manajer adalah orang yang mencapai sesuatu tujuan melalui orang lain sedang leader bukanlah sebuah jabatan tetapi lebih dari pengakuan seseorang sehingga downline anda akan melakukan apa yang menjadi tujuan anda dengan sukarela dan senang hati. Pertanyaannya anda seorang manajer saja atau anda seorang manajer dan sekaligus seorang leader.


15. Sukses itu untuk siapa?:

Sukses itu untuk semua orang, sukses itu bawaan dari lahir dan semua orang terlahir dengan kesuksesan, tetapi ada hal-hal yang menghalangi kesuksesan tersebut. Michael Angelo pematung jaman renaisance pernah ditanya bagaimana cara membuat patung yang begitu bagus, dia menjawab the statue is already on the rock saya hanya menyingkirkan hal-hal yang menghalanginya. Jadi bila anda ingin sukses anda juga tinggal menyingkirkan hal-hal yang menghalangi kesuksesan anda.

16. Banyak diantara tenaga penjual/ sales person merasa minder atau malu akan pekerjaannya, padahal seorang sales selain harus bisa menjual produk, dia harus bisa menjual kredibilitas perusahaannya dan yang terpenting menjual dirinya, dan tidak semua orang bisa menjadi sales person, sales is the one of greatest job in the world. So don't be shy to be sales person.


17. Jangan pernah berfikir untuk memenangkan kompetisi dengan cara menghancurkan orang lain.

Masih banyak cara lain untuk memenangkan kompetisi seperti dengan menjadi lebih inovatif, lebih cepat atau lebih kreatif. So don't think to win with destroy somebody.


18. CHANGE:

Banyak orang mengeluh nasibnya tidak berubah, usahanya begitu-begitu saja setelah beberapa tahun, karena mereka melakukan hal yang sama setiap hari sepanjang tahun. Contoh: jika kita melakukan hijau setiap hari sepanjang tahun hasilnya pasti hijau lalu anda menginginkan hasil merah tetapi anda setiap hari tetap melakukan hal hijau sampai kapanpun anda tidak akan capai merah, jika anda inginkan merah maka anda rubah kebiasaan anda dari hijau menjadi merah otomatis hasilnya akan merah.


19. Use the assistance:

Sudahkah anda mempunyai seorang asisten? Apakah anda melakukan semua pekerjaan anda dari fotocopy, rekap berkas, buat penawaran angkat telpon semua anda kerjakan sendiri? Dan anda tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang lebih penting maka andalah seorang asisten. Kalau anda bilang sewa asisten mahal, coba hirelah seorang yang magang atau keponakan anda untuk jadi asisten sehingga hal-hal yang tidak penting seperti tempel perangko, masukin amplop tidak perlu anda kerjakan dan anda punya waktu lebih untuk melakukan hal-hal yang jauh lebih penting dan lebih produktif.


20. Perbedaan antara kerjasama dan kerja bersama-sama 

adalah jika kerjasama maka seseorang akan bekerja secara teamwork, contoh si a dan b si a akan menutupi kekurangan si B , si b akan mengcover kekurangan si a, si c akan menutupi kekurangan si a dan b begitu seterusnya, tetapi jika kerja bersama-sama, maka mereka akan melakukan pekerjaannya sendiri-sendiri dalam waktu yang sama. Contoh: si a dan si b, si a tidak mau tahu masalah si b dan si b juga tidak mau tahu masalah si a, pertanyaan saya anda bekerjasama dengan teamwork anda atau anda hanya kerja bersama-sama.


21. Do what do you think and think what do you do

Kebanyakan orang melakukan sesuatu tetapi tidak tahu mengapa ia melakukannya, banyak orang yang bekerja hanya tahu dia harus earn money untuk keluarga maka dia harus kerja, tetapi mereka tidak tahu tujuan utama mereka apa, karena mereka tidak pernah berfikir think what you do , kalo anda sudah melakukan keduanya so great and congratulation tetapi jika belom maka anda harus think what you do, jangan hanya do what you thing.


22. Natural conflic is normal

Jika anda punya sebuah perusahaan dan disana ada sales dept, production dept, acounting dept, administrasi dept dan mereka saling hold each other, akur2 saja maka anda patut curiga something wrong happens, karena apa. Mereka seharusnya berkonflik seperti anjing dan kucing sales dept konflik dgn production dept dan production dept dengan acounting dept , jika hal ini terjadi maka bagus karena perusahaan anda sehat, anda hanya menjaga agar konflik antar departemen ini tidak menjalar menjadi konflic antar personil/pribadi , jadi natural conflic is normal


23. Tips untuk meredam natulral conflic

Ajaklah teamwork anda mungkin 6 bulan sekali atau setahun sekali untuk pergi piknik outbound, dari outbound mereka akan diajar bagaimana bekerja secara teamwork, si besar akan menopang sikecil, yang kuat akan menahan yang lemah. Sehingga mereka sadar bahwa konflik selama ini karena mereka care kepada perusahaan.


24. Boring:

jika anda merasa boring ada 2 hal 1 karena anda memang capek, kalau ini mintalah cuti 1-2 hari atau seminggu dan pergilah kesuatu tempat dan pada saat kembali anda sudah refresh, tetapi jika anda boring karena pekerjaan anda tidak punya masa depan, than let it go dan carilah pekerjaan lain yang lebih menjanjikan masa depan untuk anda


25. Joe girard:

Don't go to the coffe shop with the same sales level


26. How to improve your teamwork:

Salah satu cara untuk meningkatkan produktifiras team anda, anda bisa meminta team anda mgkn sebulan sekali pakai baju yang lucu-lucu, kaos gambar lucu-lucu atau pakai kacamata yang yah terserah andalah sekreatif-kreatifnya, yang penting fun, sehingga suasana kerja anda lebih fun, lebih menyenangkan dan otomatis produktifitas team anda akan meningkat.


27. Different between success people and unsuccess people

Orang yang tidak sukses selalu wait and see, wait until semuanya perfect baru mengambil action, sedang orang sukses take action first than bereskan ketidaksempurnaan yang ditemui, karena keadaan never perfect, selalu change politik change, ekonomi is also selalu change.


28. Dimana seharusnya seorang sales berada

Seorang sales harus berada di suatu perusahaan paling tidak dalam kurun waktu yang cukup lama mgkn 1-2 th, karena potential customer, mungkin pada saat anda menawarkan produk mereka belum ada budget, belum perlu atau mungkin harus mengajukan ke pusat dan ada hasilnya setelah 1-2 bulan , dan disaat mereka menghubungi, anda sudah resign maka customer anda ini akan jatuh ke tangan sales pengganti anda, dan anda akan selalu kehilangan potensial cutomer. Jika anda masih ada, maka anda berkesempatan untuk memanage customer anda untuk dapatkan referensi2 potensial customer lainnya dari customer anda tersebut.


29.Berapa lama seorang karyawan harus tinggal

jangan sering berpindah-pindah pekerjaan seperti kutu loncat, anda pindah mungkin 3-4 atau 5 bulan, jangan senang dengan surat referensi kerja karena bisa menjadi bumerang untuk anda, anda akan dinilai bukan berpengalaman 5 tahun tetapi anda berpengalaman 3 bulan selama 5 tahun, karena sebenarnya memang anda hanya berpengalaman 3 bulan dan melakukan hal yang sama berulang ulang selama 5 tahun.


30. Control + Alt + Delete tuts in your life

Jika anda menemui masalah maka Tekan Ctrl + Alt + Del anda sekarang juga, apa itu ctrl+alt + del? Sebagian dari kita pasti sudah paham dan familier dengan istilah ini, ini adalah perintah reset dan re-boot computer. Otak kita, our mind hampir sama dengan komputer dan malahan lebih canggih tetapi cara me resetnya sama yaitu anda tinggal tekan Ctrl+Alt+Del anda, dimanakah itu..bukan dimana tapi apakah itu?

Ctrl adalah control your self attitude, your emotion.

Alt adalah alternative solution akan masalah kita.

Del adalah Delete the situation who give you tention !! sehingga pikiran anda akan kembali fresh seperti komputer yang baru saja di booting.


31. Ada kata bijak, perjalanan sepuluhribu langkah dimulai dari satu langkah

Untuk itu jika anda mempunyai visi jauh ke depan, jangan takut dan ragu untuk mencapainya. Walaupun kelihatannya sulit tetapi anda hanya butuh satu langkah awal, segeralah take action dan anda akan berada dijalur impian anda.


32. Learn and earn

Banyak orang setelah selesai menempuh pendidikan maka akan bekerja untuk menghasilkan uang, dan mereka menginginkan selalu pendapatannya meningkat terus menerus tanpa henti, dan jika tidak bisa mereka mulai menyalahkan lingkungannya, nasibnya dlsb.

Sebenarnya mereka lupa akan hukum anak tangga penghasilan, ? belajar - lalu menghasilkan, dan jika anda ingin hasil lebih anda harus belajar lebih?. Belajar tdk harus di bangku sekolah bisa dari buku, internet, seminar,dan dari pengalaman baik sendiri maupun orang lain. Tetapi kita terkadang maunya belajar sekali lalu menghasilkan terus menerus, saya tegaskan tidak akan berhasil! Maka teruslah belajar dan anda akan terus menghasilkan lebih dan lebih lagi.


33. Jangan menyesali hal yang bisa anda ulangi lagi

Anda tahu waktu terbaik untuk menanam pohon Jati adalah 20 tahun yang lalu, tetapi jika anda belum menanamnya maka waktu terbaik kedua adalah sekarang juga. Maka jika anda menyesal karena anda tidak memulai suatu usaha beberapa tahun yang lalu, maka segeralah mulai sekarang karena inilah saat terbaik kedua untuk memulainya.


34. Siapakah yang menentukan masa depan anda

Hidup anda dan masa depan anda sebagian ditentukan oleh diri anda sendiri, dan sebagian ditentukan oleh teman-teman dan orang orang yang ada di sekeliling anda, maka pilihlah teman yang tepat, teman yang selalu mendukung masa depan anda.


35. Aturan naik tangga

Jika kita sedang menaiki sebuah tangga dan kita bertemu atau berpapasan dengan orang yang sedang membersihkan tangga, bersikaplah sopan dan ramah, karena jika waktu kita turun dari tangga nanti , mungkin kita juga akan bertemu lagi dengan dia. Dan jika kita tergelincir jatuh, dia pasti segera menolong anda.


36. Resiko untuk beresiko

Bila anda ingin memulai suatu pekerjaan, anda bisa mengukur resiko pekerjaan itu terlebih dahulu dan anda bisa mengambil kesimpulan apakah pekerjaan baru tersebut beresiko atau tidak. Dengan cara anda merujuk hasil dari pekerjaan itu dan efek yang terjadi dari hasil pekerjaan tersebut apakah sepadan dengan hasilnya ataukah terlalu besar dengan pertaruhannya. Sehingga anda bisa memutuskan akan melakukan atau meninggalkan pekerjaan tersebut.


37. Lawanlah rasa untuk sama dengan rata-rata

Jika disekeliling anda, sekeliling tempat kerja anda terdapat orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan job diskription, sesuai dengan target, maka dapat diartikan sekeliling anda penuh dengan orang yang melakukan apa yang harus mereka lakukan dengan pas, dengan arti kata mereka rata-rata melakukan sesuai aturan main dan sesuai dengan petunjuk. Apakah baik?...Ya tetapi efek untuk anda saya tegaskan TIDAK BAIK, Mengapa? Karena akhirnya anda akan mengikuti irama mereka dan anda akan tergoda melakukan hal yang sama karena mereka semua rata-rata melakukan hal yang rata-rata juga. Kreatifitas anda, Semangat anda, individualisme anda dan ide ide anda yang unik dan cemerlang akhirnya terhenti dan akan terhalang dengan perasaan sungkan, tidak enak, rikuh dan sebagainya.Padahal mereka sebenarnya tidak berkontribusi apapun dalam hidup anda. Maka hati-hatilah jika sekeliling anda orang yang rata-rata karena anda akan terbawa menjadi rata-rata dan jauh dari seseorang yang berkelas bintang. Cobalah terlepas dan dan lawanlah perasaan rikuh anda karena untuk menjadi bintang anda harus paling tidak selangkah didepan, atau setingkat lebih tinggi dari rata-rata yang ada.


38. Cetak biru hidup anda

Kita bisa lihat orang-orang sukses disekeliling kita, mungkin salah satunya menjadi idaman anda. Dan anda selalu berfikir bahwa mereka sukses karena memang nasib sedang tersenyum pada mereka dan kita jika belum sukses maka kita selalu bilang nasib belum tersenyum pada kita. Saya ambil contoh jika kita membangun sebuah rumah kita pasti punya perencanaan, cetak biru, biaya dan segala sesuatu yang diperhitungkan secara matang sampai rumah tersebut jadi dan berdiri indah. Nah membangun hidup kita sama dengan rumah tadi, butuh perencanaan, dan butuh cetak biru serta perhitungan yang matang. Sudahkah anda punya cetak biru kehidupan anda?Jjika tidak buatlah malam ini juga.


39. Kerjakanlah semuanya secara bertahap dan berurutan

Jika anda membuat roti isi, pasti anda akan melalui langkah langkah roti disiapkan lalu mungkin lectus atau slada kemudian keju lalu daging baru anda mungkin beri mustart, sauce atau acar. Jika anda seseorang yang sangat menyukai sauce tomat saya percaya anda tidak akan merubah urutan membuat roti isi tadi dengan memberikan sauce tomat dibagian luar. Nah dalam kehidupan atau dalam bisnis terkadang kita tidak menyadari bahwa semua memilki urutan prioritas yang harus dilalui. Dan kita terkadang tidk ingin melalui tahapan tahapan yang kurang menyenangkan, dan kita sering lupa jika anda salah urutan maka pekerjaan anda mungkin akan gagal dan sis-sia. Maka capailah segala sesuatu secara bertahap dan berurutan satu persatu, nikmati dan hargailah prosesnya karena itulah yang akan membuat anda bisa maju dan semakin maju terus.


40. Bagaimanakah kita tahu pekerjaan yang kita sukai?

Terkadang dalam perjalanan hidup ini kita mendapatkan pekerjaan yang kita tidak tahu apakah pekerjaan itu adalah pekerjaan yang kita sukai atau bukan, dan biasanya kita takut untuk memutuskan apakah kita akan melakukannya atau tidak. Pesan saya manfaatkanlah setiap peluang yang menghampiri anda. Jika pekerjaan itu bukan merupakan pekerjaan yang anda sukai maka anda akan mendapatkan manfaat dari pengalaman mengerjakannya. Sehingga anda akan semakin tahu apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang benar-benar anda sukai. Dan jika pekerjaan itu adalah pekerjaan yang anda sukai setelah anda jalani belum tentu anda akan tetap menyukainya dan dari situlah anda akan sadar pekerjaan seperti apa yang sebenarnya anda sukai.


41. Komunikasi 

Jika anda seseorang yang bekerja dengan orang lain, komunikasi adalah hal yang tidak mungkin anda lewatkan. Terkadang jika kita berbicara dengan bawahan kita, dengan rekan kerja kita atau bahkan dengan atasan kita, kita ingin menyampaikan semua hal sedetail-detailnya dan sebanyak-banyaknya. Tetapi apakah hal tersebut perlu? Sebenarnya komunikasi yang baik bukan dari seberapa banyak kata yang anda sampaikan tetapi adalah berapa banyak hal yang kita sampaikan, yang dipahami benar oleh lawan bicara kita. Stop too much talking but bicaralah sejelas mungkin sehingga mudah untuk dipahami.


42. Sudah sukseskah kita?

Seingkali kita merasa gagal dan merasa belum mencapai kesuksesan, bahkan tidak sedikit yang frustasi karena merasa tidak bisa sukses. Lalu prestasi kita sudah sampai dimana dan kurang berapa lagi untuk sukses? Sebenarnya penilaian akan prestasi kita adalah relatif. Kita merasa suskes karena kita mendasarkan penilaian antara diri kita dibandingkan dengan orang yang prestasinya dibawah kita. sebaliknya Kita akan merasa tidak sukses bahkan gagal karena kita mendasarkan penilaian diri kita dibandingkan dengan mereka mereka yang prestasinya diatas diri kita. Nah semua tergantung dari mana anda menilai tentang anda dan tentang orang lain, pikirkanlah sekali lagi sebelum menilai perjalanan bisnis anda sudah sukses atau belum.


43. Saat untuk bernegosiasi dan saat menahan diri

Bernegosiasi sangat lazim dalam dunia bisnis, dan bernegosiasi biasanya sangat menguras perhatian dan emosi anda. Pesan saya pastikan anda yakin dalam bernegosiasi dan anda mempunyai nilai tawar yang paling tidak sama kuat dengan rekan bisnis anda. Jika anda tidak yakin akan posisi anda, akan nilai tawar anda atau anda kurang percaya diri saya sarankan jangan nekat. Berhentilah dan jangan memaksakan diri bernegosiasi terlebih dahulu.


44. Kegagalan yang pertama karena anda tidak mencoba

Takut gagal akan mengintimidasi moral anda, takut gagal akan mengkerdilkan mental anda, takut gagal akan mengakibatkan kita punya alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Lebih baik tidak melakukan pekerjaan itu daripada nanti gagal dan kita rugi. Jika kita tidak melakukan paling tidak kita tidak kehilangan apa-apa. Sebenarnya dengan anda takut gagal sehingga anda enggan atau bahkan tidak mau mencoba maka anda sudah melakukan sebuah kegagalan. Karena kegagalan adalah karena anda tidak berani mencobanya.


45. Toples kehidupan

Jika anda punya sebuah toples , batu, lalu kerikil , pasir dan secangkir kopi dan semua itu anda harus masukkan kedalam sebuah toples maka mana yang akan kita masukkan terlebih dahulu? Pertama kita isi toples dengan batu, lalau kerikil sehingga bisa mengisi rongga antara batu lalu pasir sehingga pasir bisa mengisi kekosongan antara batu dan kerikil lalu baru anda tuang secangkir kopi untuk mengisi ruang antara pasir. Jika anda masukkan pasir terlebih dahulu atau kerikil terlebih dahulu maka mungkin tidak semuanya akan bisa masuk. Batu adalah hal terpenting dalam hidup kita sperti Tuhan, Orang tua, dan Keluarga, lalu kerikil adalah hal yang terpenting kedua seperti pekerjaan kita, rumah, mobil , dan tabungan jika kita kehilangan hal terpenting kedua tetapi kita masih memiliki batu maka kita masih bisa bertahan.lalu pasir mewakili hal hal kecil dalam hidupkita yang terjadi sehari hari baik hal yang bagus maupun hal yang buruk karena kita tidak bisa lepas dari persoalan. Dan secangkir kopi adalah waktu kita untuk teman dan sahabat kita, jika semua dapat kita susun dalam sebuah toples maka gambaran hidup kita akan utuh dalam pelukan kita.


46. Sukses adalah cara kita memperlakukan harapan

Kesuksesan orang-orang di sekeliling kita dan termasuk anda, pria wanita semuanya tidaklah dibedakan dan ditentukan dari mana mereka dilahirkan, dari warna kulit apa mereka lahir atau dari suku apa mereka lahir tetapi kesuksesan mereka ditentukan dari besar kecilnya harapan yang ada dihati mereka dan besar kecil semangat untuk selalu berusaha mewujudkan harapan itu.


47. Jadilah gembala yang baik

Jika anda seorang manajer atau seorang leader yang memimpin teamwork maka tengoklah mereka, tengoklah aktifitas mereka, masalah mereka dan apa saja hal hal yang mengganggu mereka. Dengarkanlah saran dan usulan mereka, apresiasikanlah kemampuan dan prestasi mereka. Ibaratnya jika anda menunggang kuda dan anda berada didepan sekawanan domba atau ternak yang anda giring...tengoklah kebelakang dan pastikan mereka masih ada disitu dan masih mengikuti anda


48. Selalau mintalah bertemu untuk kedua kalinya

Jika anda seorang sales maka sebelum mendapatkan transaksi maka anda akan dengan senang hati dan akan berusaha sekeras-kerasnya untuk bisa melakukan pertemuan dengan calon pelanggan anda. Tetapi yang terjadi setelah anda bertemu adalah seperti pertarungan hidup dan mati, dan seakan akan semuanya ditentukan dari pertemuan pertama ini akankah deal or no deal. Sebenarnya pertemuan pertama adalah bagaimana membuat calon pelanggan anda memperhatikan anda dan tertarik dengan anda. Dan langkah berikutnya adalah membuat ketertarikan tersebut menjadi sebuah minat dan keyakinan. Maka pada pertemuan pertama anda dengan calon pelanggan mintalah selalu janji bertemu untuk yang kedua kalinya sehingga anda mempunyai kesempatan yang besar untuk merubah ketertarikan calon pelanggan anda menjadi sebuah minat dan keyakinan. Dengan itu maka transaksi akan lebih mudah dicapai.


49. Antusiaslah

Jika anda seorang tenaga penjual yang melakukan penjualan sebuah produk, maka berusahalah seantusias mungkin pada saat anda bertemu dengan calon pelanggan karena antusiasme itu akan menular kepada calon pelanggan anda. Dengan sesama orang yang antusias akan lebih mudah mentransfer perasaan anda tentang produk yang anda jual kepada calon pelanggan anda sehingga mereka mempunyai perasaan yang sama terhadap produk yang anda jual seperti yang anda rasakan. Dan jika hal ini tercapai 90% calon pelanggan anda akan membeli dari anda.


50. Layakkah anda merasa kesal dengan pelanggan anda?

Pernahkah anda merasa kesal dengan pelanggan anda?So resek, cerewet minta ini itu. Jika iya ada baiknya anda pergi minum secangkir teh manis dan sepotong kue ke restaurant di sebuah hotel bintang5. Dari depan anda sudah dibukakan pintu mobil anda, ada seorang valet driver yang akan memakirkan mobil anda, lalu ada karpet merah atau motif kembang untuk meniti anda berjalan dari mobil menuju ke pintu, ada petugas yang membukakan pintu dengan senyuman, dan mereka tidak menggerutu walaupun pada waktu itu hujan turun dan sepatu anda meninggalkan bekas kotor dikarpet. Didalam anda akan disambut dan ditanya kemana anda akan menuju, recepsionist atau restaurant atau lift mungkin, ok kita ke restauran dengan sopan anda akan dipersilahkan dan setelah sampai anda bisa duduk lalu seorang waitress dengan dandanan cantik dan membawakan menu, dengan senyuman hangat menyapa anda dan mempersilahkan anda memilih menu, dan dengan sabar dia menunggu pesanan anda dan tanpa menggerutu menerima pesanan walaupun hanya secangkir teh manis dan sepotong kue. Setelah itu pesanan anda diantarkan dengan nampan dan dengan sabar dihidangkan dimeja anda dengan senyuman sekali lagi anda dipersilahkan. Lalu setelah itu anda bisa memanggilnya kembali untuk mengurus tagihan anda. Mereka tidak pernah menggerutu dan tidak pula menegur anda walaupun meja tempat makan anda yang dulunya rapi menjadi acak2an. setelah anda selesai anda menuju pintu, ada orang yang membukakan pintu dan anda bisa menyuruh petugas valet untuk mengambilkan mobil anda. Setelah mobil anda sampai anda dibukakan pintu mobil dan dengan sopan mereka mengucapkan terima kasih. Dengan uang 50rb anda nyaris digendong dan nyaris disuapi, lalu bagaimana dengan pelanggan anda yang bertransaksi ratusan ribu bahkan puluhan atau ratusan juta? apakah anda sudah memberikan pelayanan seperti yang anda dapatkan tadi? Jika tidak apakah anda merasa masih layak untuk kesal dengan pelanggan andayang tidak puas akan pelayanan anda?


51.Jurus menjaga hubungan tetap terjaga 

Dalam menjaga sebuah relationship atau networking kita perlu melakukan hal -hal berikut ini 

1.Be intersted look, berpenampilanlah yang menarik
2.Be positive, berlaku dan berbicaralah selalu hal-hal yang positive
3.Be prepare, bersiaplah akan hal-hal yang akan anda lakukan alam waktu dekat
4.Like in one topik
5.Komunication skill
6.Don't risk with selling
7.Tepat janji
8.Memberikan Value baik sementara atau terus menerus
9.Stay keep in touch

52. Don't be shy become a sales person

Menjadi seorang sales adalah one of the greatest job in the world, tapi terkadang banyak kita temui orang-orang sales yang malu mengakui bahwa dia adalah seorang sales dan menutupi dengan jabatan yang terdengar lebih bermartabat seperti marketing, management trainee, dlsb

bagaimana anda bisa menjual produk yang anda jual jika anda saja malu mengakui kalau anda penjualnya anda malu mengakui menjadi seorang sales. So teman jangan malu mengatakan bahwa saya seorang sales, banggalah bahwa anda menjadi seorang sales person


53.Seorang sales harus bisa menjual diri

Seorang sales tidak hanya menjual barang atau produk saja , tetapi mereka sebenarnya menjual 2 hal lainnya. Selain menjual produk seorang sales juga menjual reputasi perusahaan tempat dia bernaung dan yang terpending seiorang sales menjual dirinya sendiri. Jadi jika anda kesulitan menjual produk yang anda tawarkan, lebih baik anda periksa satu per satu. Apakah produk yang anda jual worthid dengan harga yang anda tawarkan , apakah masih masuk akal? Lalu apakah perusahaan tempat anda bernaung mempunyai reputasi yang bagus? Jika tidak memenuhi 2 kriteria itu anda bisa memikirkan untuk pindah kerja tetapi jika 2 hal tersebut terpenuhi dan anada masih sulit menjual maka lebih baik anda pulang dan berkaca. Apakah saya layak untuk dijual?


54.Kisah anak dan pohon
Ada seorang anak berumur sekitar 5 tahunan, dia selalu bermain dihalaman rumah di sebuah pohon besar yang rindang, dia bermain apa saja disitu ayunan, panjat, pokoknya apa saja dan anehnya pohon itu bisa berbicara dan hanya anak ini yang bisa mendengar. 15 tahun berlalu dan sianak tumbuh dewasa, dia bilang dengan si pohon
"Pohon aku tidak bisa selamanya hanya  bermain denganmu aku sudah besar, aku mau kuliah demi masa depanku, tetapi pohon aku tidak punya biaya." lalu pohon menjawab
"Ambilah semua ranting-rantingku lalu jualah untuk biaya kuliahmu, toh kamu sudah tidak membutuhkannya untuk berteduh"
singkat cerita anak tadi mengambil semua ranting pohon itu lalu menjualnya untuk biaya kuliah.
Setelah beberapa tahun sianak datang lagi dan mengunjungi sipohon.
"Pohon-pohon aku sudah selesai kuliah, aku sudah punya calon istri dan sekarang kita ingin menikah, tetapi pohon aku tidak punya biaya untuk menikah"
"Ambilah semua dahan-dahanku dan jualah untuk biaya pernikahanmu, toh kamu juga sudah tidak akan bermain ayunan lagi bukan?" jawab si pohon.
lalu dijualah dahan-dahan pohon itu untuk biaya pernikahan.
setelah beberapa tahun sianak yang sudah berkeluarga datang dan bilang dengan pohon
"Pohon apa kabar?, aku sudah berkeluarga dan punya anak, tetapi aku tidak punya mobil dan rumah untuk mereka tinggali, aku tidak punya uang untuk membelinya" pohon dengan tenang menjawab
"jangan bersedih tebanglah batangku lalujualah, toh engkau sudah tik akan memanjatnya lagi bukan?"
lalu ditebanglah batang pohon itu lalu dijuallah untuk membeli rumah dan mobil.
beberapa tahun kemudian sianak ini datang dengan wajah sedih
"Ada apa denganmu?"tanya si pohon
"Usahaku bangkrut aku butuh modal untuk mempertahankannya, sedangkan uang aku sudah tak punya"
"Anak muda ingin sekali aku membantumu tetapi aku sudah tidak punya apa-apa lagi untuk aku berikan padamu, tapi jangan bersedih masih ada sisa potongan pohon diatas rumput ini, jika kamu mau kamu dan keluargamu bisa duduk diatasnya dengan nyaman kapanpun engkau mau"
anda tahu siapa si pohon itu? pohon itu adalah papa-mama kita yang bersedia berjuang kita sampai titik terakhir demi kebahagiaan kita anaknya.

55.Berfikirlah dengan cara cerdas 

Otak manusia cara berfikirnya terdiri dari 2 bagian satu otak mamalia dan yang kedua otak modern, biasanya jika kita mendapatkan suatu masalah atau hal yang harus dipecahkan, karena volume otak mamalia kita yang mengatur naluri memang lebih besar. maka kita akan ada reaksi spontan ya atau tidak, mau atau tidak, suka atau tidak. Dan terkadang keputusan itu salah atau kurang tepat. Lalu bagaimana? Adakah Cara berfikir yang lebih baik ? Ya dengan diam lebih dari 6 detik, mencerna lalu memutuskan. Kita libatkan otak modern kita dalam mengambil keputusan. Semoga keputusan2 yang anda ambil berikutnya lebih tepat selamat mencoba.